Blog

Keindahan Danau Beratan Bedugul dan Pura Ulun Danu yang Ikonik

Airsanihbeachvilla.com, BaliCoba Anda lihat gambar pura yang ada pada pecahan uang Rp. 50.000 dan bandingkan dengan Pura Ulun Danu, bukankah mirip? Ya! Pura ikonik ini berada tepat di tengah Danau Beratan Bedugul.

Tidak pernah ada yang meragukan keindahan alam pulau Bali. Pulau ini menyimpan sejuta pesona yang tak akan pernah habis dijelajahi. Keindahan alam yang terhampar di setiap sudut pulau ini selalu memikat siapa saja yang mengunjunginya. Salah satu keindahan alam yang ditawarkan pulau bali adalah Danau Beratan Bedugul.

Danau Beratan Bedugul adalah sebuah danau yang terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Danau yang terletak paling timur di antara dua danau lainnya yaitu Danau Tamblingan dan Danau Buyan, yang merupakan gugusan danau kembar di dalam sebuah kaldera besar, Danau Beratan terbilang cukup istimewa.

Berada di jalur jalan provinsi yang menghubungkan Denpasar-Singaraja serta letaknya yang dekat dengan Kebun Raya Eka Karya menjadikan tempat ini menjadi salah satu andalan wisata pulau Bali. Di samping mudah dijangkau, Danau Beratan juga menyediakan beragam pesona dan akomodasi yang memadai.

Credit. kompastravel.com

Di tengah danau terdapat sebuah pura yaitu Pura Ulun Danu, yang merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan. Ada yang menarik dari Pura di tengah danau ini. Mungkin, Anda akan merasa familiar dengan landscape pura tersebut. Ya! Pura tersebut menjadi ikon gambar yang terdapat dalam uang pecahan lima puluh ribu Rupiah.

Pemandangan pura di tengah danau ini begitu mempesona sehingga terabadikan dalam uang rupiah. Keindahan ini juga dapat Anda bagikan melalui media sosial kepada teman dan sahabat. Keindahan yang tak akan Anda temukan selain di Danau Beratan Bedugul memang menjadi ciri khas kawasan wisata ini.

Selain itu, ketika Anda sampai di kawasan danau Anda akan disambut udara yang sejuk khas pegunungan. Danau Beratan Bedugul berada pada ketinggian sekitar 1.239 meter di atas permukaan air laut, sehingga udara sejuk akan terasa saat anda mengunjungi tempat wisata Pura Ulun Danu Beratan.

Akses Menuju Danau Beratan Bedugul

Credit. musiumnusantara.com

Danau yang terletak tak jauh dari Air Sanih Beach Villa ini hanya berjarak 42 KM saja. Waktu tempuh untuk sampai ke kawasan danau hanya memerlukan 50 menit saja. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi dengan supir pribadi untuk sampai di kawasan Danau Beratan Bedugul.

Begitu Anda sampai di kawasan danau, Anda dapat mengunjungi Pura Ulun Danau Beratan. Pura Ulun Danau Beratan memiliki ciri khas yang sangat menggambarkan Bali, yaitu bangunan pura yang memiliki atap bertingkat, menara dengan atap 11 tingkat, 7 tingkat, dan 3 tingkat. Menara tersebut menggambarkan kepercayaan umat Hindu di Bali terhadap tiga dewa, yakni: Dewa Wisnu (11 tingkat), kemudian, Dewa Brahma (7 tingkat), dewa Siwa (3 tingkat).

Aktivitas favorit wisatawan saat liburan ke danau Beratan Bedugul adalah foto dengan latar belakang pura tengah danau. Selain itu, pemandangan yang paling menarik yang dapat Anda lihat adalah kabut yang terkadang terlihat dan terkadang hilang di atas permukaan danau. Apabila kabut turun, maka kabut akan menyeliputi area pura, danau serta pemandangan bukit. (ADR)


Book Our Villa with Romantic Candle Light Dinner

Book now and enjoy your stay

LOCATION

  • Jl. Raya Air Sanih, Bukti, Kubutambahan, Buleleng Regency, Bali 81172

PHONE

  • +62 811-940-890

CHECK YOUR MAPS