Blog

10 Tempat Wisata Terbaik di Bali Utara

Airsanihvilla.id, Bali – Siapapun yang datang ke pulau Bali selalu memiliki pengalaman menyenangkan tentangnya. Hamparan pantai pasir yang putih, keindahan alam pegunungan dan pedesaan, hingga kebudayaan yang unik. Tidak heran jika pulau Bali dikenal sebagai pulaunya para dewa.

Nah, Apakah Anda berencana untuk berlibur ke Bali? Ya, sebelum mengunjungi pulau dewata sebaiknya Anda menentukan dulu wisata yang akan Anda kunjungi. Selain akan menghemat waktu, menyiapkan rencana juga dapat membuat budget Anda lebih optimal. Bali memiliki banyak sekali spot-spot wisata yang keindahan alamnya begitu luar biasa.

Sebut saja beberapa spot wisata terkenal seperti pantai Kuta, pantai Benoa, Pura Tanah Lot, dan lain sebagainya merupakan spot wisata yang wajib untuk dikunjungi di pulau Bali. Namun, tahukah Anda bahwa selain spot-spot wisata di atas masih banyak spot wisata yang wijib Anda kunjungi, seenggaknya sekali seumur hidup.

Memang, dibandingkan dengan pulau Bali bagian selatan yang memiliki pusat wisata terkenal, bagian utara pulau Bali masih jarang dikunjungi wisatawan. Padahal, tidak kalah dengan pulau Bali bagian selatan, di utara Bali juga banyak terdapat spot-spot wisata yang tidak kalah indah.

Oleh karena itu, sebelum Anda merencanakan liburan ke pulau Bali Anda wajib baca dulu artikel ini sampai selesai. Artikel ini akan memberikan Anda rekomendasi spot-spot wisata di Bali utara yang wajib untuk dikunjungi. Setelah itu, Anda juga akan direkomendasikan tempat staycation paling cozy yang ada di Bali utara. Yuk simak rekomendasinya di sini.

Spot Wisata Terbaik di Bali Uatara

Bali utara memiliki banyak sekali potensi wisata yang memiliki keunggulan dan keunikannya sendiri. Secara geografis, kabupaten/kota yang termasuk dalam wilayah Bali Utara diantaranya kabupaten Buleleng, Kota Singaraja. Disebabkan jarak tempuh yang cukup jauh dari Denpasar, jumlah wisatawan yang mengunjungi Bali Utara cukup sedikit.

Namun, masih sedikitnya jumlah wisatawan yang datang ke Bali utara ini justru menjadi keunggulan tersendiri bagi Anda. Tidak seperti di Bali bagian selatan yang lebih ramai dengan wiatawan, Bali bagian utara sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati spot wisata dengan lebih tenang dan privasi. Nah, apa saja spot-spot wisata yang cocok bagi Anda di Bali Utara?

1.      Atraksi Lumba-lumba di Pantai Lovina

Bagi Anda yang akan berlibur bersama sahabat-sahabat tercinta, Anda bisa mengunjungi Pantai Lovina. Pantai yang berjarak 11 km dari kota Singaraja ini memiliki spot wisata terkenal yaitu atraksi lumba-lumba di laut lepas. Namun syaratnya, Anda harus menyewa perahu untuk berlayar ke tengah laut pada saat sebelum matahari terbit.

Jika berkunjung ke Pantai Lovina, sempatkan sejenak bermain air di Air Sanih, kolam renang alami yang berada tepat di tepi Pantai Lovina. Karena mata air dari kolam ini merupakan mata air alami, dijamin berenang di dalamnya akan memberikan Anda nuansa kesegaran tersendiri. Apalagi dengan pemandangan laut yang memesona dan suasana yang teduh, sulit untuk cepat-cepat meninggalkan tempat ini.

2.      Spot Selfie di Puncak Wanagiri

Selain wisata pantai, Bali utara juga menyimpan wisata alam dengan pemandangan menakjubkan. Jika Anda ingin memperbanyak stock foto untuk Media Sosial, Puncak Wanagiri jadi pilihan yang pas. Lokasi wisata di Bali Utara ini pas bagi Anda yang hobi mengoleksi foto di akun Instagram. Soalnya, banyak spot berfoto keren tersedia di Puncak Wanagiri.

Pemandangannya yang sangat indah di atas ketinggian dan berbagai area untuk selfie membuat puncak wanagiri jadi pilihan yang wajib dikunjungi untuk berfoto bersama sahabat-sahabat. Dari sini, kamu bisa melihat Danau Buyan dan Danau Tamblingan dari ketinggian. Tidak hanya itu saja, spot melihat dua danau tersebut juga kece abis, dan dengan latar yang keren, hasil foto kamu dijamin Instagrammable.

3.      Pura Panegil Dharma

Tidak lengkap rasanya datang ke Bali tanpa menikmati keindahan dan eksotisnya Pura di Bali. Salah satunya adalah Pura Panegil Dharma. Pura Penegil Dharma berada di wilayah Desa Kubutambahan Kecamatan Kubutambahan, Buleleng. Pura yang tergolong Kahyangan Jagat Nusantara ini sering pula disebut Pura Puseh Penegil Dharma atau Penyusu Dharma.

Keberadaan Pura Penegil Dharma tidak bisa dilepaskan dari sejarah panjang Ugrasena, pendiri Dinasti Warmadewa dan Maha Rsi Markania atau yang disebut masyarakat Bali sebagai Rsi Markandea. Perlu diketahui, keberadaan Pura ini ada sebelum zaman Kerajaan Majapahit Loh. Jadi warisan budaya di Pura ini begitu kaya dan panjang.

4.      Pura Ulun Danu Bratan

Bali memang dikenal dengan warisan budayanya yang eksotis dengan banyak puranya. Berbeda dengan pura Panegil Dharma, pura ini jadi ikonik karena berada di tengah danau. Danau Bratan menjadi salah satu destinasi wisata ikonik di Bali. Danau terindah di Indonesia yang berada di kawasan Bedugul dengan Pura Ulun Danu sebagai landmark ini memang menunjukkan keindahan yang mengesankan, terutama menjelang matahari terbenam.

Karena keindahannya yang luar biasa, pemandangan Pura Ulun Danu dan Danau Bratan dipilih menjadi salah satu gambar yang ada di uang pecahan 50,000 IDR, loh. Dengan keindahan danau dan landmark Pura yang sangat eksotis, tidak heran Pura ini jadi bangunan yang sangat eksotis dan ikonik.

5.      Danau Tamblingan

Satu lagi danau di Bali yang juga terkenal di kalangan wisatawan karena keindahannya, yaitu Danau Tamblingan. Berada di daerah Buleleng, danau ini kerap dijadikan spot foto pre-wedding oleh sejumlah calon pengantin baru. Nuansa danau, pura dan alam pegunungan yang sejuk menjadi alasan utama mengapa Danau Tamblingan layak masuk sebagai salah satu danau terindah di Indonesia.

Danau ini tepatnya berada di desa Munduk kecamatan Banjar, Buleleng Bali. Akses yang tersedia ke kawasan wisata ini cukup mudah. Keindahan alam yang terpampang setelah sampai di lokasi wisata akan membuat Anda merasa masuk lagi ke masa lalu dan bernostalgia dengan alam. Udara di kawasan ini juga cukup dingin, lho.

6.      Danau Buyan

Berlokasi tepat di sebelah Danau Tamblingan, orang-orang sering menyebut kedua danau ini sebagai danau kembar. Danau Tamblingan memang lebih populer, namun bila bicara keindahan, Danau Buyan juga menawarkan pesona yang tidak kalah cantiknya. Kebetulan juga dua danau ini berada di kawasan yang sama, dan juga bisa dinikmati di titik yang sama. Camping di Danau Buyan bisa menjadi aktivitas wisata yang asyik untuk dilakukan.

Jadi jika Anda berkunjung ke Danau Tamblingan, Anda juga wajib berkunjung ke Danau Buyan. Pemandangan alam pulau Bali yang sangat memikat sangat terasa di danau ini. Apalagi jika Anda ingin mengabadikan foto-foto untuk dibagikan di media sosial, danau Tamblingan punya spot yang tak kalah menarik.

7.      Air Terjun Gitgit

Anda ingin melepas penat dengan menikmati suara gemericik air dengan udara yang sejuk? Jika iya, maka Air Terjun Gitgit wajib anda kunjungi. Air terjun yang terletak di Buleleng ini berjarak sekitar 11 km dari kota Singaraja. Sebelum sampai ke lokasi, anda harus menuruni anak tangga dan sedikit tracking di persawahan, kebun cengkeh, dan kebun kopi. Wah, saat diperjalanan saja travela sudah bisa berfoto-ria atau Swafoto dengan landscape yang juga instagramable.

Sesampainya di lokasi Anda akan disambut dengan air terjun setinggi 35 meter. Di tempat wisata terkenal ini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti renang untuk relaksasi ataupun menambah koleksi foto hits anda. Air terjun Gitgit ini sangat instagramable, buktinya banyak sesi pemotretan model dan pre-wedding yang dilakukan di air terjun tertinggi se-Bali ini.

8.      Taman Rekreasi Bedugul

Selain warisan wisata budaya dengan sejarah yang kaya dan panjang, Bali Utara juga memiliki spot rekreasi yang misterius berasal dari tahun 2002an yang lalu. Taman Rekreasi Hotel Bedugul awalnya merupakan sebuah proyek hotel milik putra Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto. Hingga pada tahun 2002, pembangunan hotel dihentikan setelah peristiwa Bom Bali.

Selama 14 tahun terakhir, bangunan hotel yang nyaris rampung ini menjadi terbengkalai tanpa banyak yang tahu penyebabnya. Padahal, Taman Rekreasi Bedugul sudah hampir dioperasikan. Terlihat dari toilet-toilet dan tempat tidur yang sudah terpasang, sampai area resepsionisnya yang terlihat elegan. Bagi Anda yang mengaku pemberani, silakan datang dan jelajahi area hotel ini. Langsung saja tantang diri Anda di hotel angker ini dan sibak rahasia terpendam yang tersimpan di dalamnya!

9.      Bali Treetop Adventure Park

Inilah salah satu tempat rekreasi paling seru di Bali bagi seluruh anggota keluarga, di mana Anda dapat berayun di antara pepohonan yang menjulang tinggi! Bosan bermain di pantai? Ayo berkunjung ke salah satu tempat rekreasi paling spektakuler di Bali Utara dan bertualang di atas pohon-pohon raksasa. Terdapat pilihan 7 buah sirkuit yang terdiri dari 72 rintangan dengan berbagai tingkat kesulitan.

Dari mulai ketinggian 2 meter hingga ketinggian 20 meter yang amat mendebarkan, sesuai dengan kemampuan (dan keberanian) Anda! Tenang, tubuh Anda akan diikat dengan tali pengaman yang akan melindungi selama berada di ketinggian. Di atas, Anda dapat bergelantungan dari satu pohon ke pohon lain atau berlarian di atas jembatan yang terbuat dari kayu dari atas pohon. Masa kalah sama anak kecil!

10.  Tegalalang Rice Terrace

Bali juga menyimpan daya tarik istimewa dari kehidupan pedesaannya. Adalah Tegalalang Rice Terrace hamparan persawahan yang berundah menawarkan pengalaman “pulang kampung” yang layak untuk ditambahkan dalam paket wisata di Pulau Dewata. Pilihan aktivitas yang bisa dilakukan pun tidak sebanyak pilihan aktivitas yang ditawarkan objek wisata lain.

Atraksi utama dari kawasan ini tentu saja areal persawahan berundak yang permai. Undakan-undakan tersebut membentuk semacam teras-teras sawah yang bisa Anda telusuri. Areal ini juga tampak semakin asri dengan banyaknya pepohonan yang menciptakan suasana teduh di bawah teriknya cahaya matahari.

Tempat Menginap Paling Cozy di Bali Utara

Setelah Anda menemukan berbagai spot wisata terbaik di pulau Bali bagian utara, saatnya Anda mencari tempat untuk menginap sebagai basecamp sebelum Anda menjelajah di Bali. Salah satu lokasi yang paling cocok untuk dijadikan lokasi penginapan Anda adalah lokasi yang dekat dengan pantai bukan?

Nah, oleh karena itu, lokasi di Pantai Lovina sangat pas bagi Anda yang ingin menginap di Bali Utara sekaligus menikmati keindahan alam pantai di Bali. Nah, salah satu tempat menginap yang cocok bagi Anda yang datang bersama sahabat-sabahat atau datang berdua bersama pasangan untuk bulan madu adalah villa yang memiliki akses atau menghadap langsung ke Pantai.

Salah satu villa yang memiliki view dan landmark pantai paling pas adalah Air Sanih Beach Villa. Terletak di pantai utara Bali yang tenang dan indah, 15 km Timur Singaraja. Vila ini memiliki pemandangan laut dari dapur, ruang makan, ruang tamu, dan kamar tidur yang ideal untuk pasangan, keluarga, atau teman yang ingin menikmati kehidupan tepi laut yang terbaik.

Selain memiliki pemandangan landmark tepi pantai yang sangat Indah, Air Sanih Beach Villa juga memiliki lokasi yang strategis sehingga akan memudahkan Anda untuk mengeksplorasi Bali Utara dengan mudah. Terdapat berbagai layanan yang bisa Anda gunakan mulai dari kamar untuk supir, Kamar mandi yang luas memiliki perlengkapan berkualitas di pancuran, toilet, dan meja rias, Kamar tidur nyaman dengan tempat tidur queen, soft furnishing, AC, kipas angin, lemari pakaian, meja dan brankas, dan berbagai keunggulan lainnya.

Selain itu, Air Sanih Beach Villa juga memiliki kolam renang yang menghadap ke pantai. Di sini Anda bisa menikmati keindahan pantai, matahari terbit dan matahari tenggelam. Ditemani oleh orang-orang yang dicintai, menghabiskan waktu di Air Sanih Beach Villa jadi aktivitas yang sangat menyenangkan setelah Anda mengeksplorasi Bali Utara seharian penuh. (ADR)


Book Our Villa with Romantic Candle Light Dinner

Book now and enjoy your stay

LOCATION

  • Jl. Raya Air Sanih, Bukti, Kubutambahan, Buleleng Regency, Bali 81172

PHONE

  • +62 811-940-890

CHECK YOUR MAPS